5/27/2011

Tekhnik Perbaikan Printer

Beberapa masalah yang sering terjadi pada printer di antaranya adalah:

Tulisan terputus-putus
Catridge bocor
Tinta warna tidak sempurna
Suara printer terlalu nyaring
Memprint terlalu lama
Tinta warna cepat beku
Permasalahan-permasalahan tersebut di atas memang selalu membikin repot bagi pengguna printer, apalagi bagi mereka yang memanfaatkan printernya itu untuk mencetak foto. Kesempurnaan Kwalitas warna sangat diutamakan. Masalah-masalah seperti ini tidaklah sulit untuk mengatasinya bagi mereka yang sudah tahu cara perawatan dan tekhnik memperbaiki printer tersebut.
Sekedar berbagi, berikut adalah beberapa tekhnik perbaikan printer sesuai dengan permasalahan yang ditimbulkannya.

Tulisan terputus-putus

Hal ini bisa diakibatkan oleh dua macam. Yang pertama adalah disebabkan tinta printer sudah mulai habis. Yang kedua karena tinta pada permukaan lubang catridge membeku. Lebih parahnya lagi juga bisa mengakibatkan printer tidak dapat mengeluarkan tinta sama sekali. Untuk mengatasi permasalahan yang kedua itu bisa anda lakukan dengan cara sebagai berikut:



  1. Klik file – print – properties – Maintenance – cleaning. Lakukanlah hal ini beberapa kali. Setelah itu cek hasil cleaning tadi dengan cara klik Nozzle check. Apabila timbul garis yang tidak terputus-putus seperti contoh yang akan diberikan oleh software sebagai perbandingan hasilnya berarti anda telah berhasil memperbaiki masalah printer anda. Apabila hal ini tidak begitu berhasil, lakukan deep cleaning dengan cara mengklik deep cleaning. Deep cleaning dan cleaning berfungsi untuk memompa keluar tinta pada permukaan lubang catridge. Oleh sebab itu apabila anda melakukan ini maka otomatis tinta akan cepat habis. Jadi lakukanlah seperlunya saja.
  2. Apabila tekhnk di atas tidak berhasil juga ada cara lain yang bisa anda lakukan: Buka penutup printer dan ambil catridgenya. Rendam bagian bawah catridge ke dalam air panas untuk beberapa lama. Biarkan tinta yang keluar dari lobang catridge menggenangi mangkuk. Hal ini akan mencairkan tinta printer yang membeku tadi. Setelah beberapa saat keringkan bagian bawah catridge dengan menggunakan tisu. Silakan lakukan pengisian ulang tinta karena tadi telah banyak keluar dan larut bersama air. Bila perlu kuras dulu tinta dalam catridge dengan menggunakan jarum suntik. Hal ini bisa dilakukan karena biasanya tinta dalam catridge itu telah kemasukan air sehingga warna yang dikeluarkan tidak maksimal. Setelah itu pasang kembali catrige ke dalam printer.
  3. Selesai

0 komentar:

:hi :-) :*) :ok :s) :D :o) :thx
:B) :)) J:) :-J :x :(( :| :(
:iq :# :? #-o :@ J:P :o :-o

Posting Komentar

GETAVATAR